Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Sifat Surat Lamaran Pekerjaan


bagaimana sifat surat lamaran pekerjaan

Saat ini banyak sekali orang yang mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka. Namun, sebelum bisa bekerja di sebuah perusahaan, seseorang harus melamar terlebih dahulu. Salah satu bagian dari proses melamar pekerjaan adalah membuat surat lamaran. Surat lamaran pekerjaan adalah dokumen yang penting untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan ketertarikan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Namun, bagaimana sifat surat lamaran pekerjaan yang baik?

Sifat Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

1. Jelas dan Tegas

Surat lamaran pekerjaan harus jelas dan tegas dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Jangan menggunakan bahasa yang ambigu atau tidak jelas sehingga HRD atau pihak perusahaan tidak mengerti maksud dari surat lamaran tersebut.

2. Menunjukkan Ketertarikan

Surat lamaran pekerjaan harus menunjukkan ketertarikan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jangan hanya sekedar mengirimkan surat lamaran tanpa menunjukkan ketertarikan yang jelas.

3. Menunjukkan Kualifikasi

Surat lamaran pekerjaan harus menunjukkan kualifikasi yang dimiliki oleh pelamar. Hal ini akan memberikan gambaran kepada HRD atau pihak perusahaan tentang kemampuan dan kualifikasi dari pelamar.

4. Tidak Terlalu Panjang

Surat lamaran pekerjaan sebaiknya tidak terlalu panjang. Usahakan untuk membuat surat lamaran yang singkat namun padat sehingga HRD atau pihak perusahaan dapat membaca dengan mudah dan cepat.

5. Terstruktur

Surat lamaran pekerjaan harus terstruktur dengan baik. Hal ini termasuk penggunaan kalimat yang teratur dan jelas, serta penggunaan paragraf yang mudah dipahami.

6. Tidak Mengandung Kesalahan

Surat lamaran pekerjaan harus bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan. Hal ini akan menunjukkan bahwa pelamar memiliki kualitas yang baik dan menjaga standar keprofesionalan.

7. Personal

Surat lamaran pekerjaan sebaiknya ditulis secara personal dan berdasarkan referensi pekerjaan yang dilamar, sehingga HRD atau pihak perusahaan dapat mengetahui bahwa pelamar memang benar-benar berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

8. Mencantumkan Kontak

Surat lamaran pekerjaan harus mencantumkan kontak yang mudah dihubungi oleh HRD atau pihak perusahaan. Hal ini akan memudahkan HRD atau pihak perusahaan untuk menghubungi pelamar jika terdapat informasi lanjutan tentang proses seleksi.

Pertanyaan Umum

  • Q: Apakah surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa formal?
  • A: Ya, surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa formal untuk menunjukkan keseriusan pelamar dalam melamar pekerjaan.
  • Q: Berapa halaman maksimal surat lamaran pekerjaan?
  • A: Sebaiknya surat lamaran pekerjaan hanya terdiri dari satu halaman, namun jika diperlukan dapat mencapai dua halaman.
  • Q: Apakah harus mencantumkan riwayat pendidikan di surat lamaran pekerjaan?
  • A: Ya, mencantumkan riwayat pendidikan di surat lamaran pekerjaan sangat penting untuk menunjukkan kualifikasi dan kemampuan dari pelamar.
  • Q: Apakah surat lamaran pekerjaan harus disertai dengan CV?
  • A: Ya, sebaiknya surat lamaran pekerjaan disertai dengan CV untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang pelamar.
  • Q: Apakah boleh menyebutkan gaji yang diinginkan di surat lamaran pekerjaan?
  • A: Sebaiknya tidak menyebutkan gaji yang diinginkan di surat lamaran pekerjaan, namun dapat dibicarakan ketika sudah masuk tahap wawancara kerja.
  • Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat surat lamaran pekerjaan?
  • A: Sebaiknya waktu yang diperlukan untuk membuat surat lamaran pekerjaan adalah 1-2 hari.
  • Q: Apakah harus mencantumkan referensi dalam surat lamaran pekerjaan?
  • A: Tidak harus mencantumkan referensi dalam surat lamaran pekerjaan, namun dapat mencantumkan jika memang diperlukan.
  • Q: Apakah surat lamaran pekerjaan harus ditulis tangan?
  • A: Tidak harus ditulis tangan, namun dapat ditulis menggunakan komputer untuk memberikan kesan yang lebih profesional.

Kelebihan

Dengan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, pelamar memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Surat lamaran pekerjaan yang baik dapat memberikan gambaran yang jelas dan kualitas diri pelamar sehingga HRD atau pihak perusahaan menjadi lebih tertarik untuk memilihnya.

Tips

1. Buatlah surat lamaran pekerjaan yang jelas, singkat, dan padat.

2. Sertakan kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar.

3. Buatlah surat lamaran pekerjaan yang terstruktur dan bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

4. Jangan lupa mencantumkan kontak yang mudah dihubungi oleh HRD atau pihak perusahaan.

Kesimpulan

Surat lamaran pekerjaan yang baik adalah surat lamaran yang jelas, tegas, menunjukkan ketertarikan, menunjukkan kualifikasi, tidak terlalu panjang, terstruktur, tidak mengandung kesalahan, personal, dan mencantumkan kontak yang mudah dihubungi. Dengan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, pelamar memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan.